E-Government

E-Government merupakan system teknologi informasi yang dikembangkan oleh pemerintah dalam memberikan pilihan kepada masyarakatnya kapan dan dimanapun mereka bisa mendapatkan kemudahan akses informasi dan layanan yang pemerintah berikan kepadanya.

Perkembangan e-Government dimulai awal 1990 an dengan adanya inovasi dan pengembangan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi seperti PC (Personal Computer) dan LAN (Local Area Network), Internet browser, EDI (Electronic Data Interchange), SSL (Secure Socket Layer), XML dan WAN. Bersamaan dengan perkembangan teknologi, dalam bidang manajemen ada inovasi seperti change management, business process reengineering, knowledge management dan customer relationship management.

Sekarang ini pemerintah di berbagai negara di dunia mengimplementasikan e-Government untuk mencapai 3 tujuan :
-Memperoleh efisiensi di internal
-Meningkatkan layanan ke masyarakat
-Mendukung keunggulan ekonomi
Di Indonesia, seperti halnya negara lain, telah menyadari pentingnya e-Government online untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hanya saja, banyak kendala yang terjadi dalam penerapan e-Government ini, antara lain :
*Kurangnya perencanaan yang berkesinambungan
*Program kerja yang tidak bisa berlanjut dari tahun ke tahun
*Infrastruktur
*penetrasi PC (Personal Computer) baru menjangkau 1.5% penduduk, di bawah 1% untuk akses Internet, dan hanya 3% yang terjangkau jaringan telekomunikasi (2003).
*Kurangnya pendanaan untuk program e-Government Kurangnya koordinasi dan integrasi pemerintahan secara nasional dalam hal e-Government Belum siapnya peraturan dan regulasi mengenai e-Government, ataupun lebih umum menyangkut e-commerce.

Walaupun demikian, karena e-Government adalah kecenderungan yang tidak bisa dihindari, kebanyakan lembaga pemerintah di pusat dan di daerah sudah mulai melangkah ke sana, meski hanya dimulai dari membuat website yang statis dan satu arah. Beberapa sudah melangkah ke tataran yang lebih maju dengan menyediakan akses informasi dan pelayanan secara online, atau percepatan layanan dengan bantuan teknologi informasi.

Semoga di tahun-tahun berikutnya, peringkat Indonesia dalam hal e-government bisa membaik. Tentunya dengan adanya e-government yang baik, pemerintahan bisa berjalan lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "E-Government"

Posting Komentar